Kamis, 28 November 2013

Fungsi Session dalam PHP

Pengertian session
 

Session adalah suatu cara agar variabel dapat di akses pada halaman web. Session biasanya berupa file yang tersimpan di server. Dimana PHP bisa mengambil nilai yang tersimpan di server walaupun kita membuka halaman baru. Biasanya session sering digunakan pada login.

Contoh penggunaan login yang dapat kita lihat dan alami pada proses login facebook, diwaktu anda mengetikkan email anda dan password anda ketika login pada facebook, pertama-tama alamat email dan password anda akan dicek atau dicocokkan oleh facebook dengan alamat email yang tersimpan dalam database facebook, dan jika alamat email dan password anda ditemukan dalam database facebook maka program facebook ini akan menyimpan alamat email dan password anda pada server atau agar anda lebih mengerti, facebook akan menyimpannya didalam browser yang anda gunakan baik itu Firefox maupun Google Chrome.
diwaktu kita menutup atau meng-close browser kita dan kita menjalankan kembali browser tersebut akan muncul lagi halaman login. Kenap demikian ? padahal kita sebelumnya sudah melakukan proses login, mungkin dari antara anda semua bertanya demikan, jawabanya adalah karena fungsi yang digunakan pada halaman login facebook adalah fungsi session tadi, dimana jika browser ditutup atau diclose, maka session yang didaftarkan tadi akan hilang, dan oleh karena itu maka halaman login facebook tadi muncul lagi.

Fungsi atau perintah utama pada SESSION :
  1. Session_start(), berfungsi untuk memulai / mengaktifkan session.
  2. Session_register(), berfungsi untuk mendaftarkan suatu variable ke dalam session. Parameter dari fungsi ini adalah nama variable yang akan disimpan di session.
  3. Session_unregister(), berfungsi untuk menghapus suatu variable yang disimpan di session.
  4. Session_is_registered(), berfungsi untuk memeriksa apakah suatu variable ada / terdaftar dalam session.
  5. Session_unset(), berfungsi untuk menghapus semua variable yang terdaftar dalam session.
  6. Session_destroy(), berfungsi untuk menutup / menghapus session beserta file sessionnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates